UPN Optimalkan Fasilitas Perkuliahan

Peresmian Gedung Baru FIK dan FP oleh Menristekdikti

Prosesi penandatanganan prasasti gedung FIK dan FP oleh Menristekdikti.

   

       UPN “Veteran” Jawa Timur bersama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) meresmikan dua gedung baru milik Fakultas Ilmu Komputer (FIK) dan Fakultas Pertanian (FP) pada Selasa (19/2). Bertempat di gedung baru FIK, peresmian diawali dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti peresmian serta dilanjutkan dengan pemberian materi kuliah umum oleh Mohamad Nasir selaku Menristekdikti. Selain itu, peresmian ini juga dihadiri oleh Anggota Komisi X DPR RI, Arzetti Bilbina dan Rektor UPN “Veteran” Jakarta, Erna Hernawati.

        Akhmad Fauzi, selaku Rektor UPN “Veteran” Jawa Timur mengakui bahwa pembangunan gedung baru dinilai sangat cepat yakni dalam kurun waktu 3 bulan, namun dianggap sudah memenuhi target dan tidak mengalami kendala karena sesuai dengan rencana. Dengan adanya dua gedung baru tentunya akan meningkatkan daya tampung mahasiswa baru pada tahun ini. Latar belakang pembangunan gedung itu sendiri merupakan kebutuhan mahasiswa akan ruang laboratorium untuk melakukan kegiatan praktikum. “Kita ke depan harus bergeser menjadi perguruan tinggi yang dipercaya masyarakat, perguruan tinggi yang memiliki output. Output  tersebut dapat berangkat dari laboratorium,” ungkapnya.

        Oleh Mohamad Nasir, FIK digambarkan sebagai embrio yang diharapkan dapat menjadi media pembelajaran dengan teknologi mahasiswa agar dapat memulai start up. “Mahasiswa harus dilibatkan dalam proses penelitian dan pengabdian masyarakat, khususnya penelitian yang dapat menghasilkan inovasi. Ide bisa dari dosen, mahasiswa bisa diajak berkolaborasi sehingga nantinya mahasiswa mendapat keahlian dalam bidangnya,” imbuhnya. Bahkan, Nasir pun berharap FIK UPN dapat mengembangkan Artificial Intelligence (AI) kedepannya.

       Menurut Nora Agustin selaku Dekan FP, bertambahnya jumlah mahasiswa yang diikuti oleh meningkatnya kegiatan mahasiswa menjadi latar belakang dibangunnya gedung baru ini. Saat ini pun Nora tengah berupaya mengajukan peralatan baru bagi laboratorium FP karena dinilai sudah lawas, sehingga nantinya mahasiswa dapat terfasilitasi dengan baik.

       Selain Nora, Ketut selaku Dekan FIK pun berharap gedung baru ini dapat memenuhi kebutuhan ruang kelas mahasiswa FIK, dan penambahan ruangan artinya baik mahasiswa atau dosen tidak perlu berdesak-desakan dalam satu ruangan sehingga dapat menjalankan tupoksi masing-masing dengan baik.

       Ifnu Wisma, Presiden BEM FIK juga memberikan respon baik. “Syukur Alhamdulillah sudah diresmikan gedung baru, saya sangat senang dan bersyukur karena gedung baru yang sudah lama diinginkan temen-temen FIK sudah tersedia sekarang,” ujarnya. Dia juga berharap gedung baru ini dapat dimaksimalkan untuk kepentingan mahasiswa dari kegiatan akademik maupun non akademik.

       Senada dengan Ifnu, Dewi (Agrotek/15) menyambut dengan baik penambahan gedung FP ini. “Dengan adanya penambahan gedung baru ini, peminat FP yang meningkat dapat ditampung dengan baik. Kalau kemarin-kemarin itu kami sampai harus berebut untuk memakai ruangan,” katanya. Dewi pun berharap mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas baru ini dengan baik agar meraih hasil yang maksimal. (fpn)

Post Author: pers-upn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *