Mengenal Manfaat Pasar Modal di Galeri Investasi FISIP UPN

Galeri Investasi Sosialisasikan Pasar Modal untuk Dorong Minat Mahasiswa Berinvestasi

Suasana Open Table sosialisasi pasar modal dan pembukaan akun rekening dana nasabah di Ruang Penida Noor FISIP pada Selasa (6/3)

UPN News – Galeri Investasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur mensosialisasikan gerakan berinvestasi di pasar modal kepada masyarakat UPNVJT. Open Table yang diadakan di Ruang Penida Noor FISIP pada Selasa (6/3) tidak hanya sosialisasi tetapi juga melayani pembukaan akun rekening dana nasabah atau investor untuk menabung di perusahaan terdaftar maupun go public di Bursa Efek Indonesia (BEI).

       Dalam acaranya, terdapat penayangan iklan-iklan dari BEI untuk memperkenalkan saham kepada mahasiswa. “Open Table ini untuk mensosialisasikan apa itu saham. Bagi yang sudah mengetahui apa itu saham dan produk pasar modal lainnya kami arahkan untuk pembukaan akun saham,” ujar Max (Adbis/16) sebagai ketua pelaksana. Open Table ini menyediakan pembukaan akun saham ditempat dengan beberapa syarat seperti fotocopy identitas pribadi, fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), fotocopy Kartu Keluarga (KK), fotocopy rekening buku tabungan (sesuai dengan KTP), dan dua materai 6000.

       Galeri Investasi FISIP sendiri adalah Laboratorium Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis (Adbis) untuk praktik mata kuliah Pasar Modal dan Manajemen Investasi yang menyediakan pembukaan akun investasi saham dan reksadana bagi masyarakat yang bekerja sama dengan MNC Sekuritas cabang Surabaya. Open Table yang merupakan program kerja pengurus galeri investasi ini nantinya dipertanggung jawabkan kepada pihak sekuritas, karena merupakan program yang dicanangkan bersama dan ditengahi BEI.

      Dalam investasi pasar modal terdapat istilah investasi dan trading. Dijelaskan oleh Fauzan, laboran Galeri Investasi, bahwa investasi adalah kegiatan membeli saham, untuk disimpan dan dijual kembali di masa depan. Biasanya saham disimpan untuk jangka waktu cukup lama, bisa berbulan-bulan sampai bertahun-tahun. Strateginya adalah membeli saham perusahaan yang sehat dan berfundamental baik. Sedangkan trading adalah kegiatan membeli saham, untuk dijual kembali dalam waktu tidak terlalu lama. Biasanya saham dijual segera, paling lama dalam hitungan bulan, untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek. Dalam trading, investor peduli pada fluktuasi harga saham.

       Respon positif datang dari kalangan mahasiswa, “Acaranya bagus, karena di jurusan Adbis ada mata kuliah manajemen investasi yang mengharuskan setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah itu untuk buka akun saham, karena akan ada praktik untuk berinvestasi,” ujar Ferdy (Adbis/16).

       Kendala utama dari Open Table ini yaitu mengenalkan Galeri Investasi kepada umum, khusunya kepada mahasiswa, karena banyak mahasiswa UPNVJT yang belum mengetahui adanya Galeri Investasi. “Baru tahu kalau ada Galeri Investasi di UPN ini, tujuan buka akun saham ini untuk menambah profit bagi saya,” ujar Andi (Agribisnis/16). Diharapkan dengan adanya Open Table ini menjadi cara untuk memperkenalkan tentang investasi terutama investasi saham dan reksadana karena dapat menguntungkan dalam jangka panjang. “Saya berharap akan ada Galeri Investasi disetiap fakultas di UPNVJT ini agar mahasiswa semakin mudah untuk berinvestasi,” ujar Fauzan selaku Laboran Galeri Investasi. (syh)

Post Author: pers-upn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *