Event Pertama Formasi Bela Negara, Kenalkan Mahasiswa Pada LPDP

Antusiasme Cukup Besar, Banyak Peserta Berasal Dari Luar UPN

Suasana keseruan seminar nasional Formasi Bela Negara di ruang seminar Teknologi Tepat Guna (TTG) Lantai II pada Senin (14/5).

UPN News – Dalam rangka memperingati hari Bidikmisi Nasional, Forum Mahasiswa Bidikimisi UPN “Veteran” Jawa Timur (Formasi Bela Negara) mengadakan serangkaian acara diantaranya lomba essay, duta mahasiswa bidikmisi (Mahadiksi) dan seminar nasional. Seminar nasional yang diselenggarakan pada Senin (14/5) lalu di ruang seminar Teknologi Tepat Guna (TTG) Lantai II UPN “Veteran” Jatim mengusung tema Change Your Life with LPDP, You Can Be Successful.

Seminar ini diisi oleh Ahmad Zainul Hamdi selaku reviewer beasiswa LPDP, Rachmad Adi Riyanto merupakan alumni LPDP S2 University of Leeds  UK, dan Birrul Qodriyyah, seorang Awardee S2 University of Edinburgh UK. Seminar ini diadakan dengan tujuan untuk membuka wawasan mahasiswa mengenai Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) serta memberikan informasi  mengenai LPDP itu sendiri.

“Yang pertama kami ingin membangkitkan semangat anak bidikmisi. Yang kedua, kami ingin anak bidikmisi itu tidak hanya belajar didalam kelas, mendapat Indeks Prestasi (IP) bagus, tetapi juga aktif di organisasi, kepanitaan, dan lomba-lomba. Seperti yang dijelaskan pemateri bahwasannya kalau ingin berprestasi, sukses, mendapatkan beasiswa dan lain sebagainya, syaratnya banyak, tidak hanya IP yang bagus dan organisasi juga penting. Seminar ini ditujukan untuk anak-anak yang ingin dan niatnya tinggi untuk melanjutkan studi S2 didalam maupun luar negeri,” tutur Khusnul (Adne/17) selaku ketua pelaksana seminar.

Rachmad Adi sebagai pemateri  juga menambahkan bahwa seminar ini sangat penting bagi mahasiswa untuk mempersiapkan masa depannya, terutama melalui beasiswa LPDP. “Ketika mereka sudah mengetahui informasi LPDP sejak awal, mereka bisa merencanakan dari awal tentang apa saja yang harus mereka persiapkan untuk mencapai persyaratan minimal lolos LPDP. Jadi nanti ketika waktunya, mereka sudah siap. Karena memang LPDP ini mencari orang-orang yang memiliki track record yang positif. Dimana track record tidak bisa dibentuk satu-dua hari, tetapi selama studi jadi mahasiswa. Maka ini kesempatan yang bagus juga, ketika mereka sudah tau seperti ini mereka bisa aktif di organisasi dan memperbanyak prestasi,” ungkapnya.

Seminar besar pertama kali yang diadakan oleh mahadiksi UPN “Veteran” Jawa Timur ini diikuti oleh lebih dari seratus peserta, yang tidak hanya berasal dari mahasiswa bidikmisi UPN saja, melainkan umum seperti dari Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA), Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), dan lainnya. “Berharap bisa membangkitkan semangat anak bidikmisi dan  anak lain yang ada disini. Bersyukur sekali bisa diadakan karena ini adalah seminar pertama bidikmisi di UPN, karena UPN baru negeri dan mahasiswa bidikmisinya juga baru aktif, sehingga ini merupakan langkah awal yang bagus supaya bisa mengadakan acara yang lebih baik lagi,” tambah Khusnul.

Dalam rangkaian acara seminar ini awalnya juga akan dilakukan launching buku mahadiksi yang berisi tentang essay dan kisah inspiratif mahadiksi. Dikarenakan belum mendapatkan izin dari rektorat dan belum rampung pengkategorian essay menjadikan acara ini batal dilaksanakan.

Fitria merupakan peserta yang hadir seminar mengaku termotivasi untuk bisa mendapatkan beasiswa LPDP agar bisa berkuliah diluar negeri dengan biaya dari pemerintah. Birrul Qodriyyah berharap setelah diadakan seminar ini, yang pertama muncul rasa penasaran dan ingin tahu dibenak peserta dan yang kedua, ia berharap peserta dapat segera mempersiapkan diri untuk tujuan dan masa depannya. (rka/dfn)

Post Author: pers-upn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *